Belajar Teknik Passing pada Bola Voli

Teknik Dasar Passing pada Permainan Bola Voli

Source : perpustakaan.id

Permainan bola voli sebenarnya adalah olahraga yang banyak peminatnya, tak kalah jauh dari olahraga nomor wahid saat ini yakni Sepak Bola. Terbukti dari lapangan yang banyak kita temui terutama di kampung-kampung.

Permainan bola voli biasanya dimainkan ditempat dengan ukuran 18x9 meter dengan net setinggi 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri. Bola voli sendiri dapat dimainkan di tempar indoor maupun outdoor.

Permainan sendiri merupakan jenis olahraga yang tergolong sulit untuk dimainkan oleh orang awam. Butuh waktu yang tidak singkat untuk dapat mempelajari berbagai teknik-teknik dalam permainan bola voli.

Bola voli sendiri memilik 4 dasar teknik yang harus mungkin untuk dipelajari calon atlit bola voli , yakni Service, passing, Smash atau Spike, dan Block.

Pada kali ini kita akan membahas teknik dasar passing bola voli.
Yuk Simak !



1. Teknik Passing Bola Bawah


Passing bawah menjadi teknik penting bagi pemain bola voli, teknik ini biasanya digunakan untuk menerima service atau smash dari lawan. Teknik passing bawah dibagi menjadi dua macam yaitu passing bawah satu tangan dan passing bawah dua tangan. Berikut penjelasannya ..

  • Teknik Passing bawah satu tangan

     Teknik ini biasa dilakukan dalam keadaan dimana jangkauan pemain terlalu jauh atau terlalu rendah untuk melakukan passing atas. Teknik ini dilakukan dengan cara badan sedikit membungkuk , namun apabila dirasa tetap tidak bisa dijangkau oleh pemain, maka pemain akan nekad untuk menjatuk badan guna untuk menyelamatkan bola.


  • Teknik Passing Bawah Dua Tangan

     Teknik passing bawah dua tangan ini biasanya dilakukan ketika bola dirasa akan jatuk tepat didepan pemain saat menerima service dan smash dari lawan. Teknik ini memiliki dua metode yaitu Thumb Over Palm dan The Dig methode.
     Thumb Over Palm adalah posisi tangan kiri menggenggam kemudian tangan kanan menggenggam tangan kiri atau sebaliknya. Sedangkan teknik The Dig tangan kanan menggenggam empat jari tangan kiri dan ibu jari tangan kiri menindih ibu jari tangan kanan atau sebaliknya. The dig adalah teknik yang sangat umum dipakai oleh para pemain bola voli karena lebih mudah dipraktekan dan dianggap memiliki tinggat akurasi umpan yang lebih tinggi ketimbang metode Thumb Over Palm.

2. Teknik Passing Bola Atas 


Teknik passing bola atas ini merupakan salah satu teknik yang sangat berguna dalam permainan bola voli . Teknik ini biasa dilakukan saat set up atau memberi umpan dari toser ke pemain yang akan melakukan smash. Berikut cara melakukan passing atas yang benar :

     1). bukalah kaki selebar bahu kemudian lutut ditekuk sedikit

     2). kedua tangan berada di depan dahi dan kedua ibu jari dengan jari telunjuk membentuk segitiga, pandangan fokus ke arah datangnya bola.

     3). dorong bola dengan cara menggerakkan pergelangan tangan ke arah luar lalu diikuti dengan meluruskan siku.

      4). gerakan kaki dengan sedikit menjijit.

Bila dalam melakukan Passing kalian tergolong cukup mahir kemungkinan kecil musuh dapat mencetak skor, begitu pula sebaliknya bila penerimaan kalian sangatlah kurang, maka setiap musuh melakukan serangan kemungkinan besar bola tidak bisa diterima dengan baik sangatlah tinggi dan dapat menambah skor musuh.


Demikianlah info teknik passing bola voli yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat bagi anda .

Assalamualaikum dan selamat membaca artikel lainnya .

Penulis : U. Widodo

Author

Hamba yang kecil Hamba yang kecil Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.