Ulasan Lengkap Cara Menabung di Bank serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ulasan Lengkap Cara Menabung di Bank serta Kelebihan dan Kekurangannya - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel mengenai cara dan panduan bagaimana menabung di bank .
Namun sebelum menuju bahasan bagaimana cara menabung di bank, alangkah baiknya anda membaca dulu ulasan mengenai apa itu menabung dan apa untung dan ruginya.

Menabung di bank
Image by: batamnews.co.id


Apa itu menabung

Menabung adalah suatu aktivitas yang dilakukan seseorang dalam menyimpan atau menyisihkan sebagian uangnya baik menyimpan di dalam bank maupun menyimpan di rumah atau di suatu tempat yang dirasa aman untuk menyimpan uang tersebut.

Pada dasarnya menabung merupakan bagian daripada suatu perencanaan maupun persiapan menghadapi masalah keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang.
Misalnya, jika anda saat memulai menabung pada usia remaja atau masih di bangku sekolah, terus anda ingin membeli sebuah laptop dalam jangka waktu beberapa bulan, itu merupakan suatu perencanaan atau persiapan anda dalam untuk kebutuhan di masa mendatang, yaitu membeli sebuah laptop tersebut.

Dahulu mungkin saat kita masih kanak-kanak, kita dikenalkan oleh orang tua cara menabung lewat celengan hanya sebatas untuk mengenalkan kepada kita tentang cara hidup berhemat. Karena menabung di celengan tentu mempunyai banyak kekurangan dan resiko, contohnya ketika terjadi bencana seperti kebakaran, banjir, atau terjadi perampokan, tentu resiko uang raib akan sangat besar.

Namun dengan semakin pesatnya perkembangan jaman, menabung menggunakan celengan cenderung sudah sangat berkurang. Hal itu tak lain karena menjamurnya bank yang menawarkan berbagai fasilitas yang memudahkan masyarakat dalam menyimpan dan mengelola keuangan mereka.
Melihat semakin banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menabung uangnya dibank, kini pun banyak bank berlomba-lomba untuk memberikan inovasi-inovasi dan juga pelayanan terbaik guna menggaet nasabah baru.
Tentunya dengan begitu, masyarakat semakin dimudahkan dalam mengelola keuangan mereka.


Sebelum saya membahas bagaimana cara menabung di bank, saya akan mengulas beberapa kelebihan serta kekurang menabung di bank via Cermati.com .

Kelebihan :
1. Aman dan Terjamin
Tentu menabung dibank jauh lebih aman ketimbang kita menabung di celengan atau di dalam rumah. Dibanding menabung di rumah, bank mempunyai keamanan yang berlapis baik dari segi fisik dan nonfisik. Selain itu jika terjadi hal buruk terhadap keuangan nasabah, uang tetap dapat diambil karena bank bekerja sama dengan LPS( Lembaga Penjamin Simpanan ).

2. Praktis dan Simpel
Menabung juga sangat praktis dan simpel, misalnya saat nasabah ingin menyetor uang tabungan, nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke kantor bank namun bisa melalui ATM.
Begitu juga saat nasabah ingin melihat laporan keuangan semisal jumlah uang baik yang masuk ataupun yang keluar, nasabah tinggal membuka buku tabungannya.
Simple dan praktis bukan?

3. Keuangan menjadi lebih terencana
Alasan orang menabung dibank mungkin berbeda-beda, namun sebagian besar adalah untuk berhemat dan mengelola keuangan yang lebih bijak dan terencana. Dengan kita menabung dibank, khususnya memilih jenis tabungan berjangka, tentunya perencanaan keuangan anda akan lebih terarah dan terencana dengan baik.

4. Kesempatan mendapat hadiah
Selain mendapat fasilitas serta pelayanan terbaik, nasabah juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah yang dipersembahkan dari pihak bank. Akan tetapi tidak setiap nasabah dipastikan mendapatkan hadiah, akan tetapi melalui undian. Meski melalui undian akan tetapi sangat menarik banyak minat nasabah, pasalnya hadiah yang dipersembahkan tidak main-main, dari mulai emas, uang ratusan sampai miliaran rupiah, hingga mobil mewah.

5. Keuntungan bunga dan Bagi hasil
Seperti melansir dari Cermati.com, sisi lain daripada keuntungan menabung di bank adalah nasabah akan mendapatkan bunga dari jumlah tabungan yang dia tabung. Walaupun jumlah bunga bisa dibilang tidak terlalu besar, namun tentu dapat berdampak baik bagi jumlah tabungan dari si nasabah. Memang keuntungan dari bunga tidaklah seberapa, namun bila nasabah menabung dalam jumlah yang besar dan dalam jangka waktu lama, tentu hasil yang di dapat juga sangat signifikan. Apalagi sekarang banyak bank menawarkan jenis tabungan syariah, yaitu menggunakan sistem bagi hasil yang tentunya sesuai hukum syariah yang berlaku.

6. Kebebasan transaksi dan menarik tabungan
Selain berguna untuk menyimpan uang, dengan menabung dibank masyarakat dapat mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap, seperti transaksi lewat ATM, SMS Banking, maupun Internet Bangking. Selain itu nasabah juga dapat bertransaksi tanpa batasan waktu alias selama 24 jam lay

Kekurangan :

1. Berbayar
Menabung di bank tentu tidaklah gratis, sebab kita sama saja menitipkan uang kepada pihak bank untuk menjaga uang yang ditabung. Kita dianjurkan untuk membayar biaya administrasi tiap bulan menggunakan saldo yang tersimpan di dalam bank. Biaya administrasi tiap bulan akan tetap berlaku baik ketika bertransaksi atau penambahan saldo ke rekening ataupun tidak sama sekali. Jadi rekening bisa saja ditutup oleh pihak bank karena uang/saldo sudah habis karena tidak pernah melalukan transaksi atau penambahan dana. Biaya administrasi juga berbeda-beda tiap bank, tergantung dari jenis apa kita menabung.
Namun begitu, dengan kita membayar administrasi kepada bank, uang atau tabungan kitas senantiasa menjadi tanggung jawab pihak bank dan tabungan akan terjamin keamanannya.

2. Bunga cenderung kecil
Jika anda berniat menabung untuk mendapatkan bunga yang besar, itu adalah satu kesalahan. Sebab kebanyakan bank di Indonesia biasanya memberikan bunga hanya sebesar 1% saja, bahkan ada yang berkisar 0,..% saja. Namun bagi anda yang ingin mendapatkan bunga yang lumayan dan aman, anda bisa memilih tabungan berjangka yang biasanya memberikan bunga relatif lebih besar mencapai 7%.

3. Jumlah transaksi berbatas
Meskipun nasabah diberikan kebebasan bertransaksi, namun pihak bank juga memberlakukan adanya limit transaksi. Sebagai contoh, nasabah hanya bisa mrnarik saldo maksimal Rp.5000000 saja setiap hari, atau nasabah harus menyisakan saldo minimum sehingga tidak dapat menarik seluruh saldo tabungan. Jadi nasabah tidak dapat mengambil uang dalam jumlah yang banyak ketika sangat ingin menggunakannya atau dalam keadaan darurat.

4. Tabungan sulit berkembang
Uang dalam tabungan tentu tidak bertambah secara drastis tentunya, sebab bunga yang didapat juga tidak seberapa selain itu pihak bank juga mesti memotong saldo untuk biaya administrasi tiap bulannya. Berbeda jika berinvestasi misalnya rumah, tanah, ataupun emas, yang selalu berkembang walaupun kita tidak melalukan kegiatan bertransaksi.

5. Harus Antri
Antri memang sudah membudaya di negeri ini, begitu juga yang terjadi ketika ingin menabung, kita diharuskan untuk mengantri karena begitu banyak nasabah lain yang juga ingin menabung.

Nah kurang lebihnya seperti itu kelebihan dan kekurangan menabung di bank yang dapat saya jelaskan, walaupun lebih terlihat aman, praktis, serta simple, bank juga memiliki beberapa kekurangannya. Namun begitu, menabung di bank jelas lebih baik daripada menyimpan uang di rumah.

Berikutnya saya akan menjelaskan dan memandu anda bagaimana cara menabung di bank. Setiap bank pasti menawarkan produk dan fasilitas serta memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, jadi anda harus cermat dalam memilihnya.

Cara Membuka Rekening Bank

1. Siapkan kartu identitas
Untuk membuka rekening menabung di bank, anda diwajibkan memiliki dan membawa kartu identitas baik KTP,SIM, ataupun Kartu Pelajar untuk yang masih berstatus pelajar.

2. Siapkan uang untuk setoran awal
Setoran awal digunakan untuk biaya administrasi, pembuatan ATM, dan deposit pertama. Besar uang setoran tiap bank berbeda-beda, juga tergantung dari jenis tabungan apa yang dipilih.

3. Datangi kantor cabang bank terdekat
Apabila anda sudah memiliki syarat-syaratnya, anda bisa pergi ke kantor cabang bank terdekat yang sudah anda pilih.

4. Datangi CS(costumer service) dan minta nomor antrian
Datangi costumer servise untuk meminta nomor antrian dan tunggulan sampai giliran tiba.
Nb: CS/Costumer Servise adalah orang yang melayani dan mengurusi segala hal yang dibutuhkan oleh pelanggan bank.

5. Mengisi formulir pendaftaran ke CS
Setelah sampai ke giliran, anda akan dipanggil oleh CS dan menjelaskan mengenai produk jenis tabungan, sebaiknya dengarkan dengan seksama dan bila mungkin masih merasa kurang jelas anda bisa menanyakan langsung ke CS demi keyakinan anda. Setelah itu anda akan diberi formulir yang wajib anda isi mengenai identitas data diri anda.

6. Membayar uang setoran
Setelah mengisi formulir selesai, anda akan disuruh untuk membayar uang setoran awal guna biaya administrasi dan pembuatan ATM. Selanjutnya ikuti apa kata CS, pada tahapan ini CS akan menyiapkan buku tabungan, mencetak kartu ATM, dan sebaginya. Kamu tidak perlu menunggu lama pembuatan ATM, karena pembuatan berlangsung cepat.

7. Selamat rekening sudah jadi
Dan selamat, anda audah selesai membuka rekening tabungan dan telah memiliki kartu ATM. Selanjutnya anda siap untuk menabung dan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh bank yang bersangkutan.

Di atas, saya sudah menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan menabung di bank, serta bagaimana cara membuka rekening tabungan di bank. Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana kita menabung atau menyetor uang ke tabungan. Simak ulasan di bawah ini!

Cara Menyetor atau menambah saldo di Bank

Langkah-langkah menabung atau manambah saldo tabungan sama saja halnya saat kita hendak membuka rekening tabungan, hanya saja CS akan memberikan formulir slip data diri dan jumlah setoran yang ingin ditabung.
Setelah formulir diisi, lalu berikan formulir tersebut kepada teller bank beserta jumlah nominal uang yang ingin anda tabung. Setelah teller selesai mengirim uang ke rekening bank kamu, kamu bisa cek ATM untuk memastikan uang sudah masuk ke rekening tabunganmu. Selesai dah, mudahkan!

Itulah ulasan lengkap cara menabung di bank beserta kelebihan dan kekurangannya. Perlu saya jelaskan lagi, bahwa menabung di bank tentu memiliki beberapa kelemahannya, akan tetapi menabung di bank tentu lebih baik dan pasti lebih aman daripada anda menyimpan uang tersebut di dalam rumah ataupun di tempat lain.
Jadi, AYO MENABUNG!
Penulis : Uwuh Widodo

Author

Hamba yang kecil Hamba yang kecil Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.